Cara Pertama Sebelum Membuka Bisnis Sendiri

By | 3 November 2016
Cara Pertama Sebelum Membuka Bisnis Sendiri

1. buah pikiran bisnis

buah pikiran bisnis adalah hal paling krusial sebelum mengawali suatu bisnis, rasanya sangat tidak mungkin kita mengawali bisnis tanpa ada buah pikiran bisnis sebelumnya. Mengapa buah pikiran bisnis menjadi begitu krusial, ini di karenakan bisnis bila di awali dengan buah pikiran yang baik serta menatap jauh ke depan akan menghasilkan bisnis dengan mutu yang prima. kemudian yang menjadi pertanyaan paling besar, bagaimana kita menentukan buah pikiran bisnis? Untuk menentukan buah pikiran bisnis kamu bisa menjumpai buah pikiran itu dari kebiasaan kamu sehari-hari, mulai dari hobi, kegemaran, keahlian, kesukaan dan hal lainnya yang berdasarkan kamu bisa kamu kuasai. bila kamu mengawali suatu bisnis dari hal yang kamu kuasai maka bisnis tersebut akan berjalan lancar bahkan ketika terjadi problem sekalipun, tentunya ini menjadi hal pokok yang harus kamu pahami, “tentukan buah pikiran bisnis kamu sekarang juga”.

2. Rencana bisnis (Business Plan)

Setelah kamu berhasil menjumpai buah pikiran sempurna untuk bisnis yang akan kamu jalani langkah berikutnya adalah rencana bisnis yang matang. Rencana bisnis menjadi hal yang sangat krusial untuk kamu pikirkan matang-matang sebelum mengawali suatu bisnis, salah satu problem yang akan

timbul bila kamu mengabaikan Business Plan adalah kekacauan di tengah bisnis yang berakibat pada kemunduran bahkan kegagalan bisnis kamu. Mengapa saya katakan sangat krusial disini, ini karena rencana bisnis memiliki banyak sekali keuntungan untuk bisnis kamu. Keuntungan yang pertama adalah kamu dapat mengetahui kemana arah dan tujuan dari bisnis kamu, meskipun bisnis kamu bersifat mikro(kecil) tapi dengan arah serta tujuan yang pasti, bisnis kamu akan lekas maju dan tumbuh. Keuntungan yang kedua, dengan rencana bisnis yang matang kamu bisa menentukan berapa modal awal serta penghasilan yang kelak kamu dapatkan dari bisnis kamu, dengan perencanaan yang baik tentunya kamu dapat meminimalisir biaya pengeluaran tapi dengan penghasilan yang maksimal.

3. Survei (Observations Environment)

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah survei atau pengamatan lingkungan sekitar. kemudian apa kegunaan dari survei ini? apakah wajib untuk di lakukan?
bila kita melihat dari segi keuntungan yang di dapat tentunya survei sangat wajib untuk di lakukan. Survei atau pengamatan di lakukan untuk mengetahui kondisi konsumen, lingkungan sekitar, lokasi bisnis, pesaing, target penjualan, pemasaran dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Dengan survei kamu juga dapat mengetahui banyak hal serta peluang tumbuh tidaknya bisnis kamu. bila kamu membangun bisnis dengan lingkungan yang mendukung serta minim pesaing maka dapat di pastikan bila bisnis kamu siap meroket dan bersiaplah menjadi seorang pengbisnis sukses.

4. Persiapan bisnis Dengan Baik (Preparation of Business)

Semua itu butuh persiapan, sebelum belajar persiapan yang harus kita lakukan adalah berdoa, sebelum menikah persiapan yang kita lakukan adalah meminta restu dari orang tua, nah begitu pun sebelum membuka bisnis, kamu harus memiliki persiapan yang benar-benar matang. Persiapan seperti izin mulai dari SITU, SIUP dan izin-izin lainnya yang masih terkait harus di persiapkan dengan baik, selain itu bila kamu membuka bisnis yang mana cukup besar maka kamu memerlukan banyak karyawan, persiapkan karyawan kamu, kamu juga tidak boleh lupa mempersiapkan modal, administrasi bisnis, alat-alat, mesin, fasilitas dan juga logo atau nama dari perbisnisan kamu.

5. mengawali bisnis (Action)

Setelah kamu selesai dengan ke-empat langkah mengawali bisnis di atas, kini ketikanya kamu action. Action atau mengawali bisnis adalah langkah terakhir untuk kamu yang mana setelah kamu mengawali action berarti kamu telah siap memasuki gerbang persaingan bisnis dengan orang atau perbisnisan lain yang mana ini menentukan tumbuh tidaknya bisnis kamu.

Sebagai seorang pemula khsususnya dalam bidang berwirabisnis mengawali suatu bisnis memang terasa sangat berat, ada saja hal yang menggangu pikiran sehingga menjadi hambatan untuk segera mengawali bisnis. tapi bila kamu seperti itu terus kapan majunya, bangkitlah dan buang semua pikiran negatif dari pikiran kamu, berjuanglah dalam membangun bisnis dan jangan pernah menyerah sampai kamu berhasil.

5 langkah awal sebelum mengawali bisnis di atas patut kamu perhatikan dan alangkah lebih baiknya bila kamu lakukan. Cukup sekian kiranya yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, ingatlah apapun bisnis yang kamu jalankan harus halal dan bermanfaat untuk orang banyak, tidak serta merta kita mencari keuntungan tapi tidak bermanfaat untuk orang lain.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.